SHOPPING CART

close

10 Kambing dan 1 Sapi, Jumlah Tidak Ngaruh, Semangat Berkurban Tetap Membara!

Mudir pondok Al Ustadz KH. Dr. M. Musa Syarof, Lc., MA
Mudir pondok Al Ustadz KH. Dr. M. Musa Syarof, Lc., MA

Idul Adha adalah salah satu hari raya besar dalam Agama Islam. Hari Raya Idul Adha juga dikenal sebagai Hari Raya kurban atau Lebaran Haji karena bertepatan dengan Umat Muslim yang sedang melaksanakan Ibadah Haji. Pada hari ini, seluruh Umat Muslim di penjuru dunia menyambut datangnya Hari Raya Idul Adha, begitupula Pondok pesantren Daarul Ukhuwwah Putri 2.

Seperti biasa, Ied Day ini diawali dengan Sholat Ied yang diimami langsung oleh mudir pondok, Al-Usatdz KH. Dr. M. Musa Syarof, Lc., MA lalu dilanjutkan khutbah oleh Al-Ustadz Esa Ferry Irawan, M.Pd dan diakhiri dengan foto bersama Keluarga Besar Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah Putri 2.

Setelah sarapan, acara penyembelihan hewan kurban dimulai. Tahun ini, Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah Putri 2 mendapatkan jumlah kambing yang lebih sedikit ketimbang tahun lalu. Jika tahun lalu jumlah kambing 14 ekor dan sapi 2 ekor. Tahun ini, hanya tercapai 10 ekor untuk kambing sedangkan sapi 1 ekor.

Syifania Saskirana santriwati kelas 3 KMI

Penyembelihan pun dimulai dengan sorakan takbir yang mengiringi acara tersebut. Dimulai dari barisan kambing, dengan foto bersama para donatur, dilanjutkan dengan 1 ekor sapi yang cukup gemuk. Sembari menunggu selesainya penyembelihan, beberapa kambing yang sudah selesai dikuliti diberikan kepada para ustadzat dan Kelas Enam (Nihai) yang siap memotong daging-daging tersebut. Ketika pemotongan selesai akan dilanjutkan untuk penimbangan daging yang kemudian akan diberikan kepada warga sekitar pondok. Pendistribusian daging kurban ke warga sekitar pondok atau RT 1 Dusun Morotanjek ini dilakukan oleh pengurus OSADU (kelas lima) dan didampingi oleh beberapa ustadzah.

Setelah proses pemotongan dan pendistribusian daging kurban selesai, para santriwati membersihkan area pemotongan, alat-alatnya juga beberapa banner ataupun terpal yang sempat digunakan sebagai alas.

Malam harinya, para santriwati juga ustadzah membakar sate bersama. Tidak hanya sate dengan daging kambing ataupun sapi, tahun ini, dumpling keju, scallops, dan sosis besar juga dimasukkan grill-list Ied Day. Akhir hari itu ditutup oleh kecerian santriwati yang semangat membakar sate.

Lihat keseruan Idul Adha PPDU Putri 2 di akun Instagram kami @daarulukhuwwah.putri2 atau link https://www.instagram.com/daarulukhuwwah.putri2?igsh=MWpucHNteTRwYm45dQ==

Pewarta: Tsabita Ar-Rifa

Editor: Dwi Ismiasih, S.Sos

Tags:

0 thoughts on “10 Kambing dan 1 Sapi, Jumlah Tidak Ngaruh, Semangat Berkurban Tetap Membara!

Leave a Reply

Your email address will not be published.